Kamis, 25 September 2008

Analisa Struktur Berbasis Komputer


Mungkin Analisa Struktur dengan Metode Matrik hanyalah teori dan konsep yang indah untuk dikagumi dan dibayangkan, mustahil konsep matrik untuk diaplikasikan secara nyata dalam analisa struktur yang rumit dan membutuhkan ribuan pemecahan persamaan simultan BILA TEKNOLOGI KOMPUTER TIDAK TERCIPTA.
Untunglah manusia mampu menciptakan alat pengolah angka secara elektronik atau dikenal dengan istilah komputer. Generasi komputer saat ini bukan sekedar pengolah angka namun dapat melakukan proses logik yang rumit bahkan memiliki kemampuan kerja menirukan kerja otak manusia. Dengan komputer proses hitung-menghitung, operasi mate-matika, menyimpan ingatan, menarik data, mendistribusikan, dst dapat dilakukan dengan super cepat dan akurat.
Wujud komputer yang ada saat ini semakin kecil ukurannya, semakin memiliki banyak kegunaan, semakin murah harganya dibanding dengan unjuk kerja (bertambah kecepatan prosesornya + bertambah kapasitas memori internal + bertambah kapasitas memori eksternal + bertambah peripheral + berkurang konsumsi listrik). Pada awal kemunculannya komputer berukuran besar dan hanya dimiliki oleh organisasi khusus, berupa mainframe dan miniframe, sekarang ukurannya sangat mungil dengan kemampuan unjuk kerja jauh melebihi kemampuan komputer pada generasi pertama.
Kemajuan komputer membawa dampak pada semua bidang kehidupan manusia: komunikasi, bisnis, penelitian, pendidikan, militer, eksplorasi, kesenangan (game), dsb. Termasuk bidang teknik sipil, analisa perilaku struktur awalnya banyak dilakukan secara manual (teori klasik dengan solusi matematik murni, pendekatan berupa member-member struktur) dengan ditemukannya komputer, analisa struktur dilakukan secara elektronik (pendekatan analisa tidak lagi menggunakan pendekatan member-member struktur tapi menggunakan elemen-elemen kecil (finite element)). Adapun solusi matematiknya dengan cara pendekatan menggunakan metode numerik dan cara matrik. Seiring dengan perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang semakin murah dan terjangkau bagi orang-perseorangan maka semakin berkembanglah konsep Analisa Struktur Menggunakan Metode Element Hingga dan menerapkan solusi secara numerik dan metode Matrik. Program-program analisa struktur yang ada sekarang cukup canggih, mudah pengoperasiannya karena berbasis GUI (graphical user interface), dan semakin murah.
EPU 2008

Tidak ada komentar: